Rabu, 07 September 2016

CONTOH RENCANA STUDI BEASISWA LPDP



RENCANA STUDI
Ali Geno Berutu

Motivasi Melanjutkan studi S2
Saya Lulusan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakrta dengan latar belakang pendidikan tentang keislaman, saya mempelajari tentang hukum Islam serta perbedaan pendapat diantra ulama-ulama terdahulu mengenai suatu hukum (Ikhtilaf). Dengan latar pendidikan keislaman tersebut saya termotivasi untuk dapat menlanjutkan kejenjang S2  Studi Islam dikarenakan:
1.      Seringnya terjadi gesekan-gesekan ditengah-tengah masyarakat dikarenakan adanya perbedaan pemahaman tentang Islam itu sendiri. Contoh : adanya perpecahan antara pengikut ormas-ormas Islam seperti pengikut  NU dan Muhammadiyah, tentu hal ini sangat mengganggu ketentraman  dalam kehidupan beragama dan  bernegara.
2.      Masih minimnya Sumber Daya Manusia di Kota Subulussalam dan sekitarnya, sehingga tenaga-tenaga pengajar di tingkat pendidikan jenjang S1 di Sekolah Tinggi keislaman masih diajarkan oleh dosen-dosen yang mempunyai latar belakang pendidikan S1 juga.
3.      Masih minimnya penyuluhan kepada masyarakat tentang Syariat Islam di Aceh, hal ini tentu akan mempengaruhi keberlangsungan penerapan Syariaat Islam di Aceh sebagai suatu keistimewaan yang diamanahkan oleh undang-undang.
Rencana Judul Tesis
Ketika saya menempuh pendidikan S2 Kajian Islam di UIN Jakarta, saya akan membuat tesis dengan judul “Problematikka Penerapan Qanun Nomor 12 Tahun 2003 Tentang Minuman Khamar dan Sejenisnya, diwilayah Hukum Kab. Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. Kenapa saya tertarik untuk meniliti masalah ini? Hal itu dikarenakan samapai saat ini belum adanya perubahan yang signifikan dalam hal menaati qanun tentang minuman keras dan sejenisnya di dalam masyarakat Kab. Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, hal ini ditandai dengan masih banyak dijumpai tempat-temppat penjual dan pembeli minuman Pola (Tuak) yang sudah dikategorikan sebagai salah satu minuman yang dapat memabukkan.
Dalam tesis ini saya akan mengkaji mengenai apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan qanun ini, bagaimanakah keseriusan pemerintah di Kab.Aceh Singkil dan Kota Subulussalam dalam menegakkan qanun-qanun syariah, khususnya qanun nomor 12 tahun 2003, sejauh manakah peran polisi syariah (Wilayatul Hisbah) Kab. Aceh Singkil dan Kota Subulussalam dalam mengemban tugasnya sebagai penegak qanun syariah di kedua kota tersebut dan bagaimanakah dukungan masyarakat terhadap Penerapan Qanun Nomor 12 Tahun 2003 di Kab. Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.
Dalam penelitian tesis nanti, saya akan menggunakan metode pendekatan sosiologis yaitu mempelajari stuktu sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial. Disamping itu dalam penulisan tesis nantinya, saya akan menggunnakan beberapa metode seperti, metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Saya akan menggunakan teknik analisis data secara kualitatif yaitu data yang diperoleh, dipilih dan disusun secara sistematis kemudian dianalisa untuk mendapatkan data yang diperlukan, selanjutnya disusun sebagai karya ilmiah dalam bentuk penulisan buku. Model analisis data tersebut sesuai untuk menggambarkan tentang penerapan Qanun nomor 12 Tahun 2003 tentang Minuman Khamar dan Sejenisnya di wilayah hukum Kab. Aceh Singkil dan  Kota Subulussalam.
Adapaun Tujuan dari penulisan tesis ini adalah:
1.      Untuk mengetahui kendala, keseriusan dari pemerintah dan dukungan masyarakat terhadap penegakan Qanun Nomor 12 tahun 2003 di Kab. Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.
2.      Sebagai bahan masukan bagi pemerintah Kab.Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, Khususnya bagi Dinas Syariat Islam dan Wilayatul Hisabah di kedua kota tersebut.
Harapan Setelah Lulus
1.      Ketika saya telah selesai menempuh pendidikan S2 saya akan mengajar di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi keislaman yang masih sangat membutuhkan tenaga pengajar dimanapun dinegeri ini dengan proritas utama adalah daerah asal saya yaitu dikota Subulussalam.
2.      Saya akan mengadakan penyuluhan tentang Indahnya kesatuan dan persatuan melalui ajaran Islam dengan mengadakan pengajian-pengajian dimasyrakat maupun diskusi diskusi keagamaan.
3.      Saya akan berusaha untuk mempersatukan kehidupan beragama diantara agama Islam, sehingga gesekan-gesekan mengenai adanya perbedaan faham tentang Islam dapat di hilangkan.
4.      Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ajaran agama guna meningkantkan moral para generasi penerus bangsa, sehingga kedepannya dapat melahirkan generasi yang cerdas dan beriman, sehingga dapat meminimalisir perbuatan-perbuatan tercela, seperti pelecehan seksual dan korupsi.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

NB: Tulisan rencana studi ini saya buat pada tahun 2013 untuk mengikuti seleksi Beasisa Magister LPDP DN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Alhamdulillah saya lolos seleksi sampai tahap akhir dan sekarang sedang melanjutkan kuliah dikampus yang sama dengan Beasiswa Lanjutan dari LPDP untuk Doktoral.
Harapan terbesar saya bagi orang membaca ini, smoga Saudara/i memperoleh kesempatan yang sama seperti yang telah saya dapatkan "diiterima sebagai salah satu dari sekian ribu orang penerima beasiswa LPDP Kemenkeu".  (Smoga tulisan ini dapat sdikit membantu dalam pembuatan rencana studi beasiswa LPDP)




BACA JUGA

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda