Rabu, 07 September 2016

CONTOH ESSAY BEASISWA LPDP KEMENKEU



PERANKU BAGI INDONESIA
Oleh: Ali Geno Berutu

Indonesia adalah negara yang luas dengan wilayah yang terbentang mulai dari Sabang samapi Merauke, disamping itu Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia. Bersamaan dengan hal tersebut, negeri ini sering kali dihadapkan dengan berbagai permaslahan mengenai prilaku masyarakatnya, diantara salah satu permaslahan tersebut adalah mengenai krisis moral anak bangsa yang mulai terkikis oleh faktor-faktor globalisasi dan kedangkalan akhlak dalam berprilaku.
Krisis moral yang menimpa generasi  penerus bangsa ini sudah sangat memprihatinkan, hal ini dapat ditandai dengan maraknya praktek korupsi yang terjadi dimana-mana yang seolah-olah sudah menjadi tradisi para penerus bangsa ini, ditambah lagi banyaknya kasus pelecehan seksual terjadi belakangan ini, seorang ayah begitu  tega memperkosa anaknya, seorang guru sudah tidak malu lagi bermesraan dengan muridnya, tentu hal ini sangat memprihantinkan ditengah masyarakat Indonesia yang dikenal dengan bundayanya yang ketimuran dengan adat istiadat yang begitu mulia.
Tentu hal tersebut sangant memprihantinkan, kita sebagai bagian dari bangsa ini tentu tidak ingin bangsa ini kehilangan identitasnya dimata dunia. Oleh sebab itu kita sebagai warga Negara Indonesia sudah sepatutnya dengan segera mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya, karena bagaimanapun juga  semua itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara yang baik dan taat kepada Pancasila serta UUD 1945.
Disini setiap warga negara Indonesia dituntut untuk mengambil peran masing-masing untuk menanggulangi krisis moral tersebut, supaya virus kerusakan akhlak ini tidak sampai kepada generasi yang akan datang. Berbicara masalah peran didalam masyarakat, saya sebagai warga negara yang baik dan seorang pekerja sosial keagamaan, saya telah dan akan melaksanakan tindakan-tindakan nyata sebagai bentuk peran dan cinta saya kepada negeri ini sebagai  berikut:
1.      Saya akan membekali diri saya dengan ilmu yang munpuni, baik didalam maupun dilur kelas, sehingga dengan bekal pengetahuan tersebut, saya bisa mengamalkannya ditengah-tengah masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya;
2.      Saya terjun langsung kelapngan sebagai tenaga pendidik, baik dikelas maupun lembaga-lembaga kemasyarakatan;
3.      Saya melakukan penyuluhan ditengah-tengah masyarkat dalam bentuk pengajian dimasjid masjid ataupun ditempat-tempat lembaga kemsyarakatan, dalam hal ini saya menekankan  tentang perlunya ilmu, baik itu umum maupunilmu agama, karena dengan ilmu seseorang dapat hidup harmonis dan mulia.
Itulah langkah-langkah antisipasif yang saya lakukan, disini tentunya lebih menekankan kepada ajaran agama Islam sebagai ajaran agama yang saya yakini, karena dalam ajaran agama Islam, perbuatan mencuri  (Korupsi) dan pelecehan seksual merupakan suatu perbuatan yang tercela.
Dengan meberikan pengetahuan agama kepada masyarakat saya yakin dan percaya para penerus bangsa ini bisa dihindarkan dari berbagai macam kerusakan moral. Karena melaui pengaetahuan tentang Agama Islam, maka generasi bangsa ini akan mengembangkan intlektualitas dalam dirinya, dalam artian tidak hanaya kecerdasan saja, melainkan seluruh aspek perkembangan manusia seperti keimanan, moral dan lain sebagainya.
Pembinaan keperibadian sesorang  dapat dibentuk muali dari masyarakat, karena pengaruh lingkungan masyarakat sangat besar sekali guna untuk menciptakan karakter hidup seseorang. Sehingga kedepannya para penerus bangsa ini tidak hanya memiliki kecerdasan IQ (Intelligence Quotients) saja, akan tetapi juga memiliki kecerdasa SQ (Spiritual Quotients). Karena agama adalah sebagai unsur  esensi dalam keperibadian seseorang, dengan agama seseorang bisa menempatkan dirinya untuk dapat memberikan efek yang positif kembali di tengah-tengah masyarakat.
Terbentuknya masyarakat yang berakhlak dan beriman sudah pasti akan melahirkan generasi yang berakhlak dan beriman pula, dan inilah menjadi salah satu tujuan saya saat ini, tentu semua itu tidak dapat dengan mudah untuk menjalankannya, tapi dengan keyakinan dan kemampuan intlektual yang munpuni, saya yakinsemua ituakan  dapat dijalankan.
Diharapkan dengan terbentuknya generasi yang berakhlak dan beriman, kedepannya bangsa ini tidak hanya bisa melahirkan orang-orang yang cerdas saja, akan tetapi juga dapa melahirkan orang-orang yang cerdas juga jujur yang bisa membawa bangsa kejalan yang lebih baik lagi, yaitu menjadi bangsa yang disegani dan menjadi negara yang dijadikan sebagai panutan oleh Negara dan bangsa lain.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

NB: Tulisan essay ini saya buat pada tahun 2013 untuk mengikuti seleksi Beasisa Magister LPDP DN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Alhamdulillah saya lolos seleksi sampai tahap akhir dan sekarang sedang melanjutkan kuliah dikampus yang sama dengan Beasiswa Lanjutan dari LPDP untuk Doktoral.
Harapan terbesar saya bagi orang membaca essay ini, smoga Saudara/i memperoleh kesempatan yang sama seperti yang telah saya dapatkan "diiterima sebagai salah satu dari sekian ribu orang penerima beasiswa LPDP Kemenkeu".  (Smoga tulisan ini dapat sdikit membantu dalam pembuatan essay LPDP)
BACA JUGA

Label:

1 Komentar:

Pada 12 Februari 2023 pukul 13.43 , Anonymous Anonim mengatakan...

Kak izin save dan adopsi contoh esay nya ya supaya ada bayangan buat esay

 

Posting Komentar

Silahkan komentar disini

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda