ABSTRAK
PENERAPAN QANUN ACEH DI KOTA SUBULUSSALAM
(Kajian Atas
Qanun No. 12, 13 Dan 14 Tahun 2003)
TESIS
ALI GENO BERUTU
ABSTRAK
Penelitian
ini membuktikan bahwa pelaksanaan Qanun Aceh No. 12, 13,
dan 14 Tahun 2003 tentang khamar, maisir, dan
khalwat
di Kota Subulussalam belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Banyak kendala yang
dihadapi baik dari pelaksananya (pemerintah) maupun masyarakat sebagai objek
hukum penerapan syariat Islam itu sendiri.
Tesis
ini mendukung dan menguatkan kesimpulan dari Tim Lindsey, MB. Hooker, Ross
Clarke dan Jeremy Kingsley dalam artikelnya yang berjudul “Sharia Revival in
Aceh” yang
berpendapat bahwa kebangkitan syariat Islam di Aceh telah meningkatkan otoritas
ulama untuk berkompetisi dengan otoritas
sekuler. Dalam konteks penerapan syariat Islam di Aceh, para ulama mendapat
keuntungan berupa adanya institusi-institusi keagamaan di Aceh, salah satunya
adalah dibentuknya Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). Penelitian ini juga
mendukung pendapat M.B Hooker dalam karyanya berjudul Indonesian Syariah: Defining a
National School of Islamic Law,
(2008) yang menyatakan bahwa dalam proses legislasi syariat Islam
di Aceh terdapat banyak kendala dan hambatan, karena hukum syariat yang ingin
diterapkan mestilah sesuai dengan sistem hukum nasional, sementara Pemerintah
Pusat menambah lagi keluasan otonomi bagi Aceh di bidang hukum Islam untuk
melegislasi qanun syariat di bidang jina>ya>t.
Tesis
ini tidak sependapat dengan kesimpulan Harold Crouch dalam karyanya The Recent Resurgence of
Political Islam in Indonesia, “Islam In Southeast Asia: Analysing Recent
Development”,
ed. Anthony L. Smith, (Singapore: ISEAS, 2002) yang mengatakan bahwa rentetan sejarah
kegagalan partai Islam dalam upaya menerapkan syariat Islam membuat peluang untuk penerapan syariat Islam di
Indonesia sama sekali tidak ada. Pendapat Crouch hanya mengatakan kalau penerapan
syariat Islam harus dalam arti mendirikan negara Islam.
Data diperoleh dari
penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan sosio-legal-historis.
Data primer berupa dokumen dan hasil waawancara serta observasi
lapangan. Data primer dalam bentuk dokumen adalah: UU No. 44 Tahun 1999,
UU No. 18 Tahun 2001, UU No. 11 Tahun 2006, Qanun No. 5 Tahun 2000, Qanun Nomor
12, 13, 14 Tahun 2003, Qanun No. 7 Tahun 2013, Qanun No. 6 Tahun 2014 dan Qanun
No. 8 Tahun 2014. Adapun data primer dalam bentuk hasil wawancara dan
observasi bersumber dari: Kantor Dinas Syariat Islam (DSI), Wilayatul Hisbah
(WH), Mahkamah Syar’iyah (MS), Kepolisian, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU),
Majelis Adat Aceh (MAA). Data skunder berupa: 1) buku-buku mengenai
hukum Islam, sosiologi dan antropologi hukum, sejarah perkembangan Islam di
Indonesia; 2) Jurnal-jurnal dan karya ilmiah lainnya yang mengkaji tentang
hukum Islam, penerapan syariat Islam, sosial dan kemasyarakatn; 3) serta
sumber-sumber lain yang relevan seperti, makalah-makalah ilmiah, website, surat
kabar, majalah dan lain-lain.
الملخص
ثبت هذا الدراسة
على أن تطبيق قانون أتشيه (Aceh) رقم 12 و13 و14 سنة 2003 عن
الخمر والميسر والخلوة في منطقة سبل السلام لم يجر على
شكل جيد تماما. هناك العقبات التى تواجه
تنفيذه إما
من النفاذ له اي الحكومة وإما من المجتمع كمفعول به من تطبيق الشريعة الاسلامية
نفسها.
فهذا البحث
يدعم ويقوي استنباط تيم لينسي (Tim Linsey)
،
م.ب. هوكر (M.B.
Hooker) ، روش كلارك ((Ross Clarke و جيرمي كنسلي ((Jeremy
Kingsley فى مقالته تحت الموضوع "إحياء الشريعة
فى أتشيه(Aceh) " قال فيها ان احياء الشريعة الاسلامية في أتشيه يرقى رياسة
العلماء للمنافسة مع الرياسة العلمانية. يجد العلماء الفائدة فى سياق تطبيق
الشريعة كتقويم المؤسسات الدينية الاسلامية فيها ، منها تأسيس مجلس شورى العلماء ((MPU . وهذا البحث يدعم أيضا رأي م.ب. هوكر (M.B.
Hooker) في بحثه "الشريعة في
إندونيسيا إقرار المدرسة الوطنية للشريعة الإسلامية (2008) الذي قال بأن في عملية تشريع
الشريعة الإسلامية في أتشيه يكون فيه المشاكيل الكثيرة والتحديات لأن قانون
الشريعة المطبقة يجب أن يكون مطابقا بنظام القانون الحكومي مع أن الحكومة المركزية
تضيف سعة القوة المنطقية في أتشيه في مجال القانون الإسلامي لتشريع قانون الشريعة
في الجناية.
وهذا
البحث يرد قول هارولد كروتش (Harold Crouch)
في بحثه "العودة الحديثة من السياسة الإسلامية في إندونيسيا"، "الإسلام
في الجنوب الشرقي من أسيا تحليل التطوير الحديث"، المحرر أنطوني ل. سمط Anthony L. Smith (سينغافور: ISEAS، 2002) الذي يقول
بأن سلسلة تاريخ فساد الحزب الإسلامي في جهود تطبيق الشريعة الإسلامية تغلق الفرصة
لتطبيق الشريعة الإسلامة في إندونيسيا. ورأيه يجل علي أن تطبيق الشريعة الإسلامية
هو بمعني بناء الدولة الإسلامية.
هذه الرسالة
الماجستيرية صدرت من البحث الميداني بالمنهج النوعي من المنهج الاجتماعي القانوني
التاريخي. ومصادر هذه الرسالة تتكون من المصدر الأساسي من المعطيات التي حصلت من
المقابلة والملاحظة الميدانية. المصادر الأساسية الوثيقة هي القانون الرقم 44 سنة 1999 و القانون
الرقم 18 سنة 2001 والقانون
الرقم 11 سنة 2006 والقانون
الرقم 5 سنة 2000 والقانون
الرقم 12 و13 و14 سنة 2003 والقانون
الرقم 7 سنة 2013 والقانون
الرقم 6 سنة 2014 والقانون
الرقم 8 سنة 2014. وأما
المصادر الأساسية النتيجة من المقابلة والملاحظة الميدانية تصدر من إدارة عملية
الشريعة الإسلامية (DSI) وولاية الحسبة (WH) ومحكمة الشريعة (MS) والشرطة
ومجلس شورى العلماء (MPU) ومجلس عادة أتشيه (MAA). والمصادر الإضافية هي: 1) الكتب عن الأحكام الإسلامية
والاجتماعية وأنتروفولوجيا أحكام وتاريخ انتشار الإسلام في إندونيسيا. 2) الملات
والبحوث العلمية الأخرى التي تبحث عن الأحكام الإسلامية وتطبيقات الشريعة
الإسلامية والاجتماعية. 3) وقوانين جمهورية إندونيسيا وقانون منطقة أتشيه، مثل
والمصادر الأخرى المتعلقة من المقالات العلمية واللمقالات في الشيكات الإنترنيتية
والأخبار اليومية والمجلات وغير ذلك.
ABSTRACT
This study proves that the
implementation of the Aceh Qanun No. 12, 13 and 14 Year 2003 on alcohol,
gambling, and seclusion in Subulussalam not completely worked well. Many of the
constraints faced by both of implementors (government) and society as a legal
object the application of Islamic law itself.
This thesis supports and
strengthens the conclusion of Tim Lindsey, MB. Hooker, Ross Clarke and Jeremy
Kingsley in their article titled "Sharia Revival in Aceh"
which argues that the rise of Islamic law in Aceh has increased the authority
of ulama to compete with secular
authorities. In the context of the application of Islamic law in Aceh, the
scholars get benefit in the formation of
religious institutions in Aceh, one of which was the establishment of
Ulama Consultative Assembly (MPU). This study also supports the idea of MB.
Hooker in his work entitled “Indonesian Syariah: Defining a National School
of Islamic Law”, (2008) which states that in the legislation process of
Islamic law in Aceh there are many obstacles and barriers, because the Shari'a
law that will be applied must be suitable with the system of national law,
while the central government add more breadth of autonomy for Aceh in the field
of Islamic law to legislate shari’a qanuns in the field of jina>ya>t.
This thesis does not agree
with the conclusion of Harold Crouch in his work “The Recent Resurgence of
Political Islam in Indonesia, "Islam In Southeast Asia: Analysing Recent
Development", ed. Anthony L. Smith, (Singapore: ISEAS, 2002) as saying
that the barrage history of failure of Islamic parties in order to implement
Islamic law, making opportunities for the application of Islamic law in
Indonesia did not exist. Crouch’s Opinion just say that the application of
Islamic law must be in the sense of establishing an Islamic state.
Data obtained from field
research with qualitative methods and approach the socio-legal-historical. The
primary data consist of the document and the interview results and field
observations. Primary data in the form of documents are: Law No. 44 In 1999,
Law No. 18 of 2001, Law No. 11 In 2006, Qanun 5 In 2000, Qanun No. 12, 13, 14,
2003, Qanun 7 In 2013, Qanun 6 In 2014 and Qanun 8 Year 2014. The primary data
in the form of interviews and observations sourced from: Office of Islamic Law
(DSI), the WH (WH), the Court of Shar'ia (MS), the Police, the Ulama
Consultative Assembly (MPU), the Aceh Adat Council (MAA). Secondary data in the
form of: 1) the books on Islamic law, sociology and anthropology of law, the
historical development of Islam in Indonesia; 2) journals and other scholarly
works that examine the rules of Islamic law, the application of Islamic law,
and social community; 3) as well as other sources such relevant, scientific
papers, websites, newspapers, magazines and others.
Label: MENULIS
0 Komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar disini
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda