Jumat, 16 Desember 2016

ABSTRAK



PENERAPAN QANUN ACEH DI KOTA SUBULUSSALAM
(Kajian Atas Qanun No. 12, 13 Dan 14 Tahun 2003)

TESIS
ALI GENO BERUTU


ABSTRAK
Penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan Qanun Aceh No. 12, 13, dan 14 Tahun 2003 tentang khamar, maisir, dan khalwat di Kota Subulussalam belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Banyak kendala yang dihadapi baik dari pelaksananya (pemerintah) maupun masyarakat sebagai objek hukum penerapan syariat Islam itu sendiri.
Tesis ini mendukung dan menguatkan kesimpulan dari Tim Lindsey, MB. Hooker, Ross Clarke dan Jeremy Kingsley dalam artikelnya yang berjudul “Sharia Revival in Aceh”  yang berpendapat bahwa kebangkitan syariat Islam di Aceh telah meningkatkan otoritas ulama untuk berkompetisi dengan otoritas sekuler. Dalam konteks penerapan syariat Islam di Aceh, para ulama mendapat keuntungan berupa adanya institusi-institusi keagamaan di Aceh, salah satunya adalah dibentuknya Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). Penelitian ini juga mendukung pendapat M.B Hooker dalam karyanya berjudul Indonesian Syariah: Defining a National School of Islamic Law, (2008) yang menyatakan bahwa dalam proses legislasi syariat Islam di Aceh terdapat banyak kendala dan hambatan, karena hukum syariat yang ingin diterapkan mestilah sesuai dengan sistem hukum nasional, sementara Pemerintah Pusat menambah lagi keluasan otonomi bagi Aceh di bidang hukum Islam untuk melegislasi qanun syariat di bidang jina>ya>t.
Tesis ini tidak sependapat dengan kesimpulan Harold Crouch dalam karyanya The Recent Resurgence of Political Islam in Indonesia, “Islam In Southeast Asia: Analysing Recent Development”, ed. Anthony L. Smith, (Singapore: ISEAS, 2002) yang mengatakan bahwa rentetan sejarah kegagalan partai Islam dalam upaya menerapkan syariat Islam membuat peluang untuk penerapan syariat Islam di Indonesia sama sekali tidak ada. Pendapat Crouch hanya mengatakan kalau penerapan syariat Islam harus dalam arti mendirikan negara Islam.
Data diperoleh dari penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif  dan menggunakan pendekatan sosio-legal-historis. Data primer berupa dokumen dan hasil waawancara serta observasi lapangan. Data primer dalam bentuk dokumen adalah: UU No. 44 Tahun 1999, UU No. 18 Tahun 2001, UU No. 11 Tahun 2006, Qanun No. 5 Tahun 2000, Qanun Nomor 12, 13, 14 Tahun 2003, Qanun No. 7 Tahun 2013, Qanun No. 6 Tahun 2014 dan Qanun No. 8 Tahun 2014. Adapun data primer dalam bentuk hasil wawancara dan observasi bersumber dari: Kantor Dinas Syariat Islam (DSI), Wilayatul Hisbah (WH), Mahkamah Syar’iyah (MS), Kepolisian, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Majelis Adat Aceh (MAA). Data skunder berupa: 1) buku-buku mengenai hukum Islam, sosiologi dan antropologi hukum, sejarah perkembangan Islam di Indonesia; 2) Jurnal-jurnal dan karya ilmiah lainnya yang mengkaji tentang hukum Islam, penerapan syariat Islam, sosial dan kemasyarakatn; 3) serta sumber-sumber lain yang relevan seperti, makalah-makalah ilmiah, website, surat kabar, majalah dan lain-lain.



الملخص
ثبت هذا الدراسة على أن تطبيق قانون أتشيه (Aceh) رقم 12 و13 و14 سنة 2003 عن الخمر والميسر والخلوة في منطقة سبل السلام لم يجر على شكل جيد تماما. هناك العقبات التى تواجه تنفيذه إما من النفاذ له اي الحكومة وإما من المجتمع كمفعول به من تطبيق الشريعة الاسلامية نفسها.
فهذا البحث يدعم ويقوي استنباط تيم لينسي (Tim Linsey)  ، م.ب. هوكر (M.B. Hooker) ، روش كلارك ((Ross Clarke و جيرمي كنسلي ((Jeremy Kingsley فى مقالته تحت الموضوع "إحياء الشريعة فى أتشيه(Aceh) " قال فيها ان احياء الشريعة الاسلامية في أتشيه يرقى رياسة العلماء للمنافسة مع الرياسة العلمانية. يجد العلماء الفائدة فى سياق تطبيق الشريعة كتقويم المؤسسات الدينية الاسلامية فيها ، منها تأسيس مجلس شورى العلماء ((MPU . وهذا البحث يدعم أيضا رأي م.ب. هوكر (M.B. Hooker) في بحثه "الشريعة في إندونيسيا إقرار المدرسة الوطنية للشريعة الإسلامية (2008) الذي قال بأن في عملية تشريع الشريعة الإسلامية في أتشيه يكون فيه المشاكيل الكثيرة والتحديات لأن قانون الشريعة المطبقة يجب أن يكون مطابقا بنظام القانون الحكومي مع أن الحكومة المركزية تضيف سعة القوة المنطقية في أتشيه في مجال القانون الإسلامي لتشريع قانون الشريعة في الجناية.

وهذا البحث يرد قول هارولد كروتش (Harold Crouch) في بحثه "العودة الحديثة من السياسة الإسلامية في إندونيسيا"، "الإسلام في الجنوب الشرقي من أسيا تحليل التطوير الحديث"، المحرر أنطوني ل. سمط Anthony L. Smith (سينغافور: ISEAS، 2002) الذي يقول بأن سلسلة تاريخ فساد الحزب الإسلامي في جهود تطبيق الشريعة الإسلامية تغلق الفرصة لتطبيق الشريعة الإسلامة في إندونيسيا. ورأيه يجل علي أن تطبيق الشريعة الإسلامية هو بمعني بناء الدولة الإسلامية.

هذه الرسالة الماجستيرية صدرت من البحث الميداني بالمنهج النوعي من المنهج الاجتماعي القانوني التاريخي. ومصادر هذه الرسالة تتكون من المصدر الأساسي من المعطيات التي حصلت من المقابلة والملاحظة الميدانية. المصادر الأساسية الوثيقة هي القانون الرقم 44 سنة 1999 و القانون الرقم 18 سنة 2001 والقانون الرقم 11 سنة 2006 والقانون الرقم 5 سنة 2000 والقانون الرقم 12 و13 و14 سنة 2003 والقانون الرقم 7 سنة 2013 والقانون الرقم 6 سنة 2014 والقانون الرقم 8 سنة 2014. وأما المصادر الأساسية النتيجة من المقابلة والملاحظة الميدانية تصدر من إدارة عملية الشريعة الإسلامية (DSI) وولاية الحسبة (WH) ومحكمة الشريعة (MS) والشرطة ومجلس شورى العلماء (MPU) ومجلس عادة أتشيه (MAA). والمصادر الإضافية هي: 1) الكتب عن الأحكام الإسلامية والاجتماعية وأنتروفولوجيا أحكام وتاريخ انتشار الإسلام في إندونيسيا. 2) الملات والبحوث العلمية الأخرى التي تبحث عن الأحكام الإسلامية وتطبيقات الشريعة الإسلامية والاجتماعية. 3) وقوانين جمهورية إندونيسيا وقانون منطقة أتشيه، مثل والمصادر الأخرى المتعلقة من المقالات العلمية واللمقالات في الشيكات الإنترنيتية والأخبار اليومية والمجلات وغير ذلك.


 


ABSTRACT

This study proves that the implementation of the Aceh Qanun No. 12, 13 and 14 Year 2003 on alcohol, gambling, and seclusion in Subulussalam not completely worked well. Many of the constraints faced by both of implementors (government) and society as a legal object the application of Islamic law itself.

This thesis supports and strengthens the conclusion of Tim Lindsey, MB. Hooker, Ross Clarke and Jeremy Kingsley in their article titled "Sharia Revival in Aceh" which argues that the rise of Islamic law in Aceh has increased the authority of  ulama to compete with secular authorities. In the context of the application of Islamic law in Aceh, the scholars get benefit in the formation of  religious institutions in Aceh, one of which was the establishment of Ulama Consultative Assembly (MPU). This study also supports the idea of MB. Hooker in his work entitled “Indonesian Syariah: Defining a National School of Islamic Law”, (2008) which states that in the legislation process of Islamic law in Aceh there are many obstacles and barriers, because the Shari'a law that will be applied must be suitable with the system of national law, while the central government add more breadth of autonomy for Aceh in the field of Islamic law to legislate shari’a qanuns in the field of jina>ya>t.

This thesis does not agree with the conclusion of Harold Crouch in his work “The Recent Resurgence of Political Islam in Indonesia, "Islam In Southeast Asia: Analysing Recent Development", ed. Anthony L. Smith, (Singapore: ISEAS, 2002) as saying that the barrage history of failure of Islamic parties in order to implement Islamic law, making opportunities for the application of Islamic law in Indonesia did not exist. Crouch’s Opinion just say that the application of Islamic law must be in the sense of establishing an Islamic state.

Data obtained from field research with qualitative methods and approach the socio-legal-historical. The primary data consist of the document and the interview results and field observations. Primary data in the form of documents are: Law No. 44 In 1999, Law No. 18 of 2001, Law No. 11 In 2006, Qanun 5 In 2000, Qanun No. 12, 13, 14, 2003, Qanun 7 In 2013, Qanun 6 In 2014 and Qanun 8 Year 2014. The primary data in the form of interviews and observations sourced from: Office of Islamic Law (DSI), the WH (WH), the Court of Shar'ia (MS), the Police, the Ulama Consultative Assembly (MPU), the Aceh Adat Council (MAA). Secondary data in the form of: 1) the books on Islamic law, sociology and anthropology of law, the historical development of Islam in Indonesia; 2) journals and other scholarly works that examine the rules of Islamic law, the application of Islamic law, and social community; 3) as well as other sources such relevant, scientific papers, websites, newspapers, magazines and others.
BACA JUGA

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar disini

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda